Reportasejakarta.com-Gugus Keamanan Laut (Guskamla) Koarmada I melaksanakan Passing Exercise (Passex) antara Unsur Gelar Operasi Malaka Samudera 20 dengan kapal latih KRI Bima Suci di Perairan Lhokseumawe, Aceh. Sabtu (24/10/2020).

Dalam rangkaian pelayaran KRI Bima Suci yang melaksanakan latihan Kartika Jala Krida (KJK) Kadet Akademi Angkatan Laut (AAL) tahun 2020, KRI yang sedang melaksanakan operasi dibawah kendali operasi Gugus Keamanan Laut Koarmada I (Guskamla Koarmada I) di daerah operasi Selat Malaka melaksanakan Passex.

Materi latihan yang dilaksanakan adalah latihan komunikasi baik menggunakan radio maupun dengan isyarat, latihan manuver taktis, prosedur kerjasama dengan patroli udara dan boarding exercise yang dilakukan oleh satu tim Visit Board Search and Seizure (VBSS).

Komandan Guskamla Koarmada I Laksamana Pertama TNI Yayan Sofiyan, S.T., dalam keterangannya menjelaskan,”Latihan ini bertujuan memberikan gambaran dan pengalaman dilapangan kepada Kadet AAL yang bisa mereka saksikan secara langsung dan utuh. Semoga ini bisa menjadikan bekal kepada mereka kelak dalam penugasan.”

Sementara itu Pangkoarmada I Laksamana Muda TNI Abdul Rasyid K, S.E., M.M., secara terpisah menjelaskan, bahwa perwira senior yang berada di lapangan utamanya yang sedang melaksanakan tugas operasi di laut berkewajiban memberikan gambaran nyata kepada Kadet yang sedang melaksanakan KJK onboard KRI Bima Suci. Utamanya saat KRI Bima Suci melintas di wilayah kerja Koarmada I.

“Untuk menghadapi dinamika tantangan Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono telah menekankan untuk melaksanakan penyelarasan doktrin, operasi latihan dan sistemnya secara fleksibel dan adaptif.

Sehingga perlu kreatifitas dan kecepatan untuk menjawab tantangan dan ancaman secara nyata di lapangan,” tegasnya.

Passing Exercise di perairan Selat Malaka melibatkan unsur yang sedang melaksanakan operasi rutin, yaitu KRI Barakuda-633 (Kapal Markas Guskamla Koarmada I), KRI Bima Suci-945 sebagai kapal latih Kadet AAL, KRI Kerambit-627, dan KRI Lemadang-632. Seluruh serial latihan mampu dilaksanakan dengan baik, aman dan lancar.

(Red).

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *