Reportasejakarta.com, Jakarta Utara. Komunitas Gowes Sepeda Lagoa kembali menggelar donor darah sukarela (Dondarela) di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 11 Lagoa, Koja, Jakarta Utara, Minggu (26/9).

 

Meski menargetkan seratus pendonor, kegiatan yang berkolaborasi bersama Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi DKI Jakarta nyatanya melebih target hingga kegiatan berakhir.

 

Walikota Kota Administrasi Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim menyambut baik kegiatan Dondarela yang kembali digelar komunitas Gosela. Tentunya, setetes darah yang disumbangkan pendonor sangat bermanfaat bagi warga yang membutuhkannya.

 

“Dondarela ini harus rutin minimal setiap tiga bulan sekali. Alhamdulillah saya lihat di sini antusias warga yang mau mendonorkan darahnya cukup tinggi,” kata Ali saat ditemui di SDN 11 Lagoa, Koja, Jakarta Utara, Minggu (26/9).

 

Ali juga mengapresiasi adanya door prize atau hadiah undian bagi pendonor dalam kegiatan tersebut. Dengan begitu, warga semakin tertarik mendonorkan darahnya yang berdampak pada penambahan stok darah yang dibutuhkan PMI Provinsi DKI Jakarta.

 

“Berdasarkan informasi dari PMI Provinsi DKI Jakarta dalam sehari itu membutuhkan 1.000 sampai 1.200 kantong darah. Kalau bukan kita, siapa lagi yang membantu saudara-saudara kita melalui tetesan darah yang kita donorkan,” jelasnya.

 

Di lokasi yang sama, Ketua Komunitas Gosela, Raden Joko Suwondo memastikan kegiatan ini diikuti sepuluh komunitas pesepeda yang tergabung dalam komunitas Gosela dan warga sekitar.

 

Meski menargetkan seratus pendonor, kegiatan tercatat diikuti 120 pendonor hingga kegiatan berakhir.

 

“Kami mengundang sekitar dua ratus orang, tapi memang kantong darah yang disiapkan PMI Provinsi DKI Jakarta berkisar seratus. Itu kami antisipasi jika ada calon pendonor yang dinyatakan tidak bisa mendonorkan darahnya karena alasan kesehatan,” tutupnya.

(Win).

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *