REPORTASE  JAKARTA

JAKARTA — Kamis (29/02/2024) Pameran INACRAFT 2024 di Jakarta Convention Center, Jakarta Pusat.

Beragam kerajinan dari berbagai daerah Indonesia di pamerkan dan dijual disini.
Menambah kekaguman penulis dengan beragamnya negeri kita.

Sore itu, mata penulis tertuju ke salah satu booth untuk daerah Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan.

Beragam kerajinan seperti tas, ragam olahan Batu Marmer, pakaian dan perhiasan dipamerkan.

Penulis berkesempatan untuk berbincang dengan bapak Hendra,SE selaku pendamping UMKM untuk daerah Hulu Sungai Tengah.

“Yang di pamerkan utama dari kita, adalah kerajinan dari marmer. Diantaranya berupa kursi satu set dengan meja, bas bunga, cangkir, asbak, dan sebenarnya bisa custom juga sih.

Dibuat oleh masyarakat lokal dari Workshop Batu Marmer di Desa Batu Tangga, Batang Alai Timur, Hulu Sungai Tengah. Dan oleh Dinas terkait dibantu fasilitasi dengan peralatan dan pelatihan.

Selain itu juga untuk kursi dan meja kita terbuat dari bahan Ecobrick, olahan Sampah plastik daur ulang, dan ditambah anyaman eceng gondok.”

Beragam kerajinan sasirangan juga dipamerkan. Tidak hanya berupa pakaian. Di tangan kreatif para pengerajin, sasirangan dibuat menjadi berbagai macam benda. Diataranya seperti tutup cangkir, tempat tisu, kipas tangan, sampul buku, dan kopiah.

Selain itu, hal yang tak kalah menarik perhatian Penulis ada pada pengerajin gelang simpai.

Menurut keterangan Dinda Sari selaku pengerajin. Untuk setiap daerah Kalimantan memiliki gelang simpainya masing-masing. Namun ciri khas gelang simpai dari Meratus adalah membuat langsung di tangan pelanggan. Untuk bahan gelang simpai sendiri menggunakan bahan dari akar alang am yang di kombinasi dengan rotan.

Menurut sejarah, bahan untuk membuat gelang simpai juga terdapat pada kumpang dan gagang mandau, senjata khas Kalimantan. Dan dipercaya, gelang simpai dapat menangkal energi negatif yang ditujukan kepada pemakainya.

Dengan seratus ribu rupiah. Pelanggan sudah bisa mendapatkan gelang ini melingkar di tangannya.

“Harapan kami, semoga kedepannya produk kerajinan kita dapat menarik pembeli lebih luas, dan penjualan terus berkembang tidak hanya di daerah, namun terus sampai ke luar.” Tutup Pak Hendra sore itu.

Booth Hulu Sungai Tengah bisa dijumpai di INACRAFT 2024, Jakarta Convention Center Hall B nomor 141 & 142. Berlangsung dari 28 Februari sampai 3 Maret 2024.

Arisyi

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *