Reportasejakarta||Jakarta- Kapal pengangkut bahan bakar minyak (BBM) dengan nama MT Kusuma II terbakar di Pelabuhan KBN Marunda, Cilincing, Jakarta Utara, Selasa (02/04/2024)

Pihak Pelabuhan KCN Marunda sendiri langsung sigap minimalisir kejadian tersebut dengan berkoordinasi dengan KSOP Kelas II Marunda dan segera menghubungi pemadam kebakaran dari darat dan laut, lalu sekira Jam 09.50 WIB datang 9 unit truk pemadam kebakaran dan 1 kapal pemadam kebakaran ke lokasi kejadian dengan personel 45 orang, dan api dapat dipadamkan 10.30 WIB.

Kepala Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Marunda Letkol (Mar) Sri Utomo, menyampaikan melalui sambungan whatsapp bahwa kebakaran kapal di Kawasan KCN Marunda, Cilincing, Jakarta Utara, telah berhasil dipadamkan pada pukul 10.30 WIB.

Menurut Utomo, saat terjadi kebakaran, kapal bernama MT Kusuma 2 tersebut tidak melakukan kegiatan bongkar muat, namun sedang mengisi bahan bakar (bunkering).
“Saat kebakaran, posisinya sedang pengisian bahan bakar melalui truk tangki. Baru tangki pertama. Keterangan awal dari para saksi, tiba-tiba dari tabung palka 4 terjadi letupan kecil,” tuturnya.

Utomo pun mengapresiasi dan berterimakasih kepada tim Gulkarmat yang bisa memadamkan api dengan cepat.

Kepala Seksi Operasi Suku Dinas (SUDIN) Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta Abdul Wahid mengatakan, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. “Korban nihil, dugaan sementara kapal terbakar karena korsleting listrik arus pendek,” ujarnya dalam keterangannya.

“Kami mengapresiasi setinggi-tingginya bagi KSOP Kelas II Marunda dan SUDIN Gulkarmat yang membantu dengan cepat pemadaman kebakaran kapal MT Kusuma II dipelabuhan” yang disampaikan bella humas KCN.

Seperti diketahui kapal BBM yang sedang bersandar dipelabuhan Marunda tiba tiba terbakar karena konsleting listrik, pihak gulkarmat memastikan tidak ada korban jiwa dari kejadian tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *