Reportasejkarta.com, Jakarta Utara. Program vaksinasi COVID-19 bagi warga lanjut usia (lansia) di wilayah Kecamatan Kelapa Gading masih terus berjalan. Selain kegiatan vaksinasi statis di Puskesmas Kecamatan Kelapa Gading, sejumlah lokasi juga digunakan sebagai tempat pelaksanaan vaksinasi dinamis seperti Mal Kelapa Gading, MOI, Mal Artha Gading, SMPN 270, GOR Judo dan Sekolah Yakobus.

“Sesuai data dari Dinas Dukcapil Provinsi DKI Jakarta, total warga lansia di wilayah Kecamatan Kelapa Gading mencapai 18.731 orang. Sedangkan jumlah lansia yang sudah mendaftar kegiatan vaksinasi COVID-19 di wilayah Kecamatan Kelapa Gading ada 11.472 orang dan yang sudah divaksin sekitar 11.437 orang,” terang Kepala Puskesmas Kecamatan Kelapa Gading, dr. Diah Anggraini saat dikonfirmasi, Jumat (30/4).

Ia menambahkan, dari jumlah itu, ada sembilan orang yang tidak dapat divaksin dikarenakan faktor komorbid berat tidak terkontrol dan survivor COVID-19 yang belum tiga bulan. Kemudian ada 26 orang yang harus ditunda vaksinasinya. “Sosialisasi vaksinasi COVID-19 masih terus dilaksanakan dengan cara door to door, melalui lintas sektor dan media online,” ujarnya.

Kerjasama dari para stakeholder untuk ikut mensukseskan program vaksinasi COVID-19 bagi lansia harus tetap berjalan. “Saat ini, vaksinasi bagi lansia masih menjadi prioritas karena berisiko tertular dan jika tertular akan mengalami risiko kondisi yang berat. Sistem imunitas orang yang berusia di atas 60 tahun melemah seiring penuaan yang terjadi pada tubuh. Selain penuaan, penyakit penyerta seperti DM, hipertensi yang di derita oleh para lansia juga ikut membuat daya tahan tubuh melemah,” ungkap dr. Dian.

Oleh karena itu, ia menghimbau kepada warga lansia dan pihak keluarga untuk berpartisipasi dalam program vaksinasi COVID-19 yang digencarkan pemerintah untuk mencegah penyebaran COVID-19. “Dukungan dari keluarga lansia sangat dibutuhkan karena mereka akan mendampingi sekaligus memberikan dorongan agar lansia bersedia divaksin sehingga terjaga kesehatannya,” pungkasnya.

Reporter :Sarwini.

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *