Reportasejakarta.com — Bandung, – Segenap prajurit dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Bandung, mengikuti upacara dalam rangka Peringatan Hari Armada Republik Indonesia Tahun 2021. Kegiatan dilaksanakan di Lapangan Apel Mako Lanal Bandung, Jalan Aria Jipang No. 8 Bandung, Senin (6/12/2021).

Bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) pada upacara tersebut Perwira Pelaksana (Palaksa) Lanal Bandung, Letkol Laut (P) Budi Purnamajaya, S.H., selaku Pjs. Danlanal Bandung, sedangkan yang bertindak sebagai Komandan Upacara (Danup) Kepala Akuntansi (Ka Akun) Lanal Bandung, Kapten Laut (S) Irwanudin, S.E. Adapun susunan pasukan upacara yakni peleton Perwira, Pomal, Bintara, Tamtama, dan peleton PNS Lanal Bandung.

Dalam amanatnya, Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., yang dibacakan Irup Letkol Laut (P) Budi Purnamajaya, S.H., pada upacara tersebut antara lain menyampaikan bahwa peringatan Hari Armada RI tahun ini mengangkat tema “Armada RI Ksatria Pengawal Samudera Untuk Indonesia Tumbuh, Indonesia Maju”, merupakan momentum yang sangat tepat bagi segenap jajaran TNI Angkatan Laut untuk merefleksikan diri, melakukan instrofeksi dan evaluasi terhadap pelaksanaan dan pencapaian tugas-tugas yang telah dilaksanakan. Selain itu, peringatan ini merupakan wujud dari upaya pelestarian nilai-nilai kejuangan yang telah diwariskan oleh para pendahulu dalam pengabdiannya untuk melahirkan dan membesarkan Armada RI. Keteladanan dari para sesepuh ini haruslah menjadi pegangan bagi kita generasi penerus saat ini dan dimasa mendatang.

Namun, hal terpenting pada momen peringatan hari Armada ini adalah wujud rasa syukur kita kepada Tuhan Yang Maha kuasa, atas segala petunjuk, tuntunan dan perlindungan-Nya sehingga Armada RI dapat senantiasa melaksanakan tugasnya selaku Cakrawati Samudera dengan gemilang, meskipun ditengah kondisi pandemic covid-19. Sebagai Ksatria Pengawal Samudera, Armada RI harus mampu menunjukan kekuatan yang akan menggetarkan lawan maupun kawan, terlebih puhak-pihak yang berniat untuk merongrong kadaulatan dan mengganggu kepentingan Negara dilaut. Satu Yard-pun tidak akan kita mundur, karena tidak ada tawar menawar untuk urusan menyangkut kedaulatan dan kehormatan bangsa. Prinsif ini harus kita pegang teguh selamanya, meskipun nyawa yang menjadi taruhannya.

Untuk itu, wahai para prajurit Jalasena sekalian Cintai Armada Ini… Rawatlah Kapal-kapal Kalian dengan Penuh Rasa Bangga… Karena Mereka adalah Kuda-kuda Perang Yang Akan Membawamu Menggulung Lawan Bagaikan Badai Di Lautan… Isi Diri Dengan Berlatih… Berlatih… Dan Berlatih… Buktikan Kepada Rakyat Indonesia Bahwa Kalian Layak Menyandang Predikat Sebagai “Ksatria Perkasa Di Tengah Samudera”… Ghora Vira Madya Jala.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Palaksa Lanal Bandung Letkol Laut (P) Budi Purnamajaya, S.H., selaku Pjs. Danlanal Bandung, para Prwira Staf, Bintara dan Tamtama serta Segenap Pegawai Negeri Sipil (PNS) Lanal Bandung dan diakhiri dengan syukuran pemotongan tumpeng serta foto bersama.

(Red).

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *