REPORTASE  JAKARTA

BELAWAN – Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) I Belawan Laksamana Pertama TNI Johanes Djanarko Wibowo didampingi Ny. Widhi Johanes Djanarko Wibowo beserta Pejabat Utama dan Dandenma Lantamal I menghadiri Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Provinsi Sumatera Utara yang dilaksanakan di Lapangan Bandar Betsy jalan Bandar Huluan, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, Sabtu (01/10/2022).

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila dipimpin oleh inspektur upacara Pangdam I/BB Mayjen TNI Achmad Daniel Chardin berlangsung tertib, aman dan khidmat. Bertindak sebagai Komandan upacara adalah Danyonif 122/TS Letkol Inf Antony Tri Wibowo.

Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila 01 Oktober 2022 diawali dengan hening cipta yang dilanjutkan pembacaan teks Pancasila dipimpin inspektur upacara. Kemudian pembacaan Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia 1945 dibacakan salah seorang anggota Pramuka.

Sementara pembacaan ikrar kebulatan tekad untuk mempertahankan nilai-nilai ideologi Pancasila dilakukan oleh Ketua DPRD Sumatera Utara, Drs Baskami Ginting dan ditutup dengan doa oleh Kakanwil kemenag Simalungun, DR Ahmad Sopian.

Terlihat hadir pada kegiatan tersebut, Gubernur Sumatera Utara yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Pemprov Arief Sudarto Trinugroho, Ketua DPRD Sumatera Utara Baskami Ginting, Forkopimda Sumatera Utara, Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga, Wabup H. Zonny Waldi, Wali Kota Pematang Siantar, dr. Susanti Dewayani, Kapolres Simalungun AKBP Ronald FC Sipayung, Ketua DPRD Simalungun diwakili H. Adianto Pasaribu, pimpinan OPD Pemprov Sumatera Utara dan Pemkab Simalungun, Veteran RI dan disaksikan ribuan masyarakat. Sedangkan pasukan upacara diikuti oleh barisan TNI/Polri, OKP, Sat Pol-PP, Pramuka dan para pelajar mulai tingkat SD, SMP sampai dengan SMA.

Usai memimpin pelaksanaan upacara, Pangdam I/BB Mayjen TNI Achmad Daniel Chardin didampingi Danlantamal I Laksamana TNI Johanes Djanarko Wibowo, Sekda Provinsi Sumatera Utara Arief Sudarto Trinugroho, Bupati Simalungun Radiapoh H Sinaga, Wabup H. Zonny Waldi dan Wali Kota P. Siantar dr. Susanti Dewayani melalukan peletakan karangan bunga di Tugu Sudjono. Selanjutnya menyerahkan bingkisan dan bantuan kepada putra dan putri almarhum Letda Sudjono yang hadir pada acara peringatan Hari Kesaktian Pancasila tersebut.

Mengakhiri kegiatan di Kompleks Tugu Sudjono itu, sebagai hiburan sekaligus penggugah bagi pengunjung terutama bagi generasi muda yang ditunggu-tunggu adalah Praghmen Peristiwa Bandarbetsy yang diperankan oleh anak-anak karyawan PTPN III Bandarbetsy.

Ribuan pasang mata tertegun menyaksikan kekejaman antek-antek PKI menghabisi Letda Sudjono yang saat itu bertugas sebagai pengaman di Perkebunan Bandar Betsy. Peristiwa gugurnya Sudjono terjadi pada hari Kamis tanggal 14 Mei 1965 dan dimakamkan di TMP Medan.

Hal tersebut diatas selaras dengan Perintah Harian dari Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, yang salah satunya “Jaga kepercayaan Negara dan Rakyat kepada TNI Angkatan Laut melalui kerja nyata yang bermanfaat bagi Institusi, Masyarakat, Bangsa dan Negara,” pungkas Danlantamal I.

(Red).

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.