REPORTASE  JAKARTA

BELAWAN – Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) I Belawan Laksamana Pertama TNI Johanes Djanarko Wibowo yang diwakili oleh Aspotmar Danlantamal I Kolonel Marinir Maslan Tumanggor S.H., bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) pada Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, yang dilaksanakan di Mako Lantamal I, Jalan Serma Hanafiah No. 01, Belawan, Medan, Sumatera Utara, Sabtu (01/10/2022).

Dalam Upacara tersebut, Mayor Marinir Afrizal yang sehari-hari menjabat sebagai Pabandya Rentahwiltas Spotmar Lantamal I bertindak sebagai Komandan Upacara (Danup).

Dengan bertemakan “Bangkit Bergerak Bersana Pancasila” Upacara Hari Kesaktian Pancasila tahun 2022 ini diawali dengan penghormatan pasukan, laporan Komandan Upacara, mengheningkan cipta dipimpin oleh Inspektur Upacara (Irup), Pembacaan teks Pancasila oleh Irup dan pembacaan UUD 1945 oleh Serka Etk Bahagia F. Naibaho, pembacaan naskah Ikrar dan pembacaan doa.

Upacara Hari Kesaktian Pancasila merupakan wujud penghargaan dan penghormatan kepada para pahlawan yang telah gugur untuk mempertahankan Pancasila dan mengenang kembali pengorbanan para pahlawan revolusi, serta meningkatkan kewaspadaan terhadap ancaman dan bahaya laten komunis.

Selain itu, kegiatan tersebut juga sesuai dengan salah satu perintah harian dari Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo margono yaitu “Bangun sumber daya manusia yang unggul dan professional, serta tangguh menghadapi segala ancaman”.

Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini dilaksanakan setelah apel pagi dan diikuti oleh Pejabat Utama Danlantamal I, Kadis dan Kasatker serta seluruh personil baik Perwira, Bintara, Tamtama dan segenap Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut I serta Yonmarhanlan I.

(Red).

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.