REPORTASE  JAKARTA

JAKARTA, – Untuk kesekian kalinya Komando Gabungan Wilayah Pertahanan atau Kogabwilhan III menerima kunjungan tentara asing. Kali ini, kunjungan Courtesy Visit Deputy Commander United States Indo-Pacific Command (INDOPACOM), Lieutenant General Stephen Douglas Sklenka beserta rombongan yang diterima oleh Pangkogabwilhan III Letjen TNI I Nyoman Cantiasa, S.E., M.Tr.(Han) bertempat di Makogabwilhan III Komplek Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (17/11/2022).

Dalam pertemuan tersebut, dilaksanakan pembahasan dan diskusi tentang peningkatan kerja sama latihan militer yang terus meningkat antar negara, bukan hanya sebatas bilateral tapi sudah multirateral, seperti “Latihan Super Garuda Shield” yang melibatkan 13 Negara dan juga unsur dari TNI AD, TNI AL dan TNI AU, beberapa waktu yg lalu di Indonesia.

Ini adalah proses panjang yang dibangun oleh para pimpinan kita, Bapak Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa, yang merupakan kerja sama pertahanan Indonesia dengan beberapa Negara di kawasan Asia Pacifik khususnya United States yang diawali dengan strategi membangun komunikasi dan kepercayaan baik strategi dialog, kunjungan (visit officer) maupun beberapa kegiatan kerja sama yang Intens antar kedua negara.

Pada kesempatan itu juga, Pangkogabwilhan III menyampaikan apresiasi pelaksanaan Latihan Super Garuda Shield tahun 2022, yang telah sukses sehingga meningkatkan Capacity Building, kerja sama dan latihan antara TNI dan United States Indo-Pacific Command.

Lieutenant General Stephen Douglas Sklenka menyampaikan terimakasih atas sambutannya, dan apresiasi kerja sama militer yang terus meningkat kedua negara bahwa di samping Latihan Super Garuda Shield kita sudah masuk Latihan bersama “Gema Bhakti” yang sudah berlangsung pada tahun 2022 berupa Staff Exercise antara TNI dan United States Indo-Pacific Command yang melibatkan personel Kogabwilhan yang dapat berkesinambungan dalam mendukung latihan Super Garuda Shield yang akan datang. Sehingga para perwira sudah familier dalam kegiatan staf dan penyusunan rencana operasi dalam latihan Super Garuda Shield tahun 2023.

Lebih lanjut disampaikannya, latihan bersama yang selama ini sudah dilaksanakan antara TNI dan US Army, telah memberikan kontribusi positif antar Angkatan bersenjata. Bagi US Army, latihan di Indonesia telah memberikan pengalaman baru, pengenalan budaya dan hubungan interpersonal yang sangat baik antara US Army dan TNI. Latihan bersama juga telah membuka wawasan dan pengalaman baru bagi prajurit, baik TNI maupun US Army.

Sementara itu, Pangkogabwilhan III yang memiliki tanggung jawab wilayah mulai Maluku, sampai dengan Papua yang langsung bersentuhan dengan Asia Pasifik dalam sambutannya menyampaikan, secara umum penguatan kerja sama militer kedua belah pihak perlu ditingkatkan untuk menjaga stabilitas keamanan dan perdamaian di kawasan.

Pangkogabwilhan III juga menyinggung tentang sejarah Perang Dunia II, yaitu pendaratan US Army yang dipimpin General Douglas MacArthur di Morotai pada tahun 1944 dengan kekuatan 9 Divisi, yang merupakan wilayah teritori Kogabwilhan III menjadi sejarah fenomenal tentang pendaratan sekutu di wilayah Indonesia.

“Rencana repatriasi jenazah tentara Amerika korban Perang Dunia II saat ini sudah difasilitasi oleh Kemenhan RI, dan sudah dilaksanakan survei di Morotai,” ujar Pangkogabwilhan III. (***)

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *