Reportasejakarta.com, Jakarta Utara. Sebanyak sembilan puluh orang guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) telah mengikuti pelatihan pendidikan metode montessori. Meskipun telah resmi ditutup, kolaborasi Tim Penggerak PKK Kota Administrasi Jakarta Utara dan Yayasan Kiddie Planet dalam memajukan dunia pendidikan di Jakarta Utara diharapkan dapat terus dilanjutkan.

 

“Kegiatan pelatihan metode montessori dilakukan secara daring. Berlangsung selama delapan belas hari, dimulai sejak tanggal 24 Mei sampai dengan 11 Juni 2021,” kata Ketua Tim Penggerak PKK Kota Administrasi Jakarta Utara, Yenny Nursanti Ali, Jumat (11/6).

 

Yenny menerangkan, pada metode montessori guru-guru PAUD diajarkan pola mengajar baru, dimana ke depannya anak-anak dididik untuk dapat melakukan sendiri kebiasaan kebiasaan yang dilakukan sehari-hari.

“Seperti belajar memakai baju sendiri, mencuci piring setelah makan, atau merapikan tempat tidur. Meskipun terkesan tidak berarturan, anak-anak diajarkan untuk mandiri. Pengamatan klinis dari guru yang berfungsi sebagai fasilitator atau pendamping juga dapat menyesuaikan dengan lingkungan belajar,” terangnya.

 

Yenny berharap metode montessori yang diberikan oleh trainer (pelatih) dari Yayasan Kiddie Planet untuk guru-guru PAUD lainnya dapat dilanjutkan.

“Pelatihan ini diikuti guru-guru PAUD dari Kecamatan Tanjung Priok, Kelapa Gading, dan Penjaringan. Masing-masing mengirimkan 30 guru. Kami berharap kolaborasi memajukan dunia pendidikan di Jakarta Utara dapat kembali dilakukan dengan pelatihan metode montessori pada guru-guru PAUD lainnya dari Kecamatan Cilincing, Kecamatan Pademangan, dan Kecamatan Koja,” tuturnya.

 

Sementara Ketua Yayasan Kiddie Planet, Rahmad Lesmono Sidharta mengatakan 23 sesi metode montessori telah rampung diberikan dan berjalan dengan baik.

“Semoga ilmu yang sudah diserap para guru bisa diajarkan di sekolah masing-masing. Kami ucapkan terimakasih atas kesempatan yang diberikan untuk memberikan pelatihan pada guru-guru PAUD se-Jakarta Utara. Kami akan selalu siap untuk berkontribusi dalam kolaborasi yang lain,” katanya.

Reporter : Sarwini.

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *