POLITIK SOSIAL 

SPY SI AM Hendropriyono Benteng Intelijen Indonesia Torehkan Sejarah

Exclusive Reportase                           Ninoy Karundeng

Reportasejakarta.com-Jakarta, Sangat menarik melihat judul buku SPY SI (Sebagian Pengalaman Yang Saya Ingat). Judul yang buku yang sangat menggelitik. AM Hendropriyono adalah pribadi yang sangat lengkap. Bagi saya judul itu memberikan warna keseluruhan potret perjalanan AM Hendropriyono, sebagai the most-respected spy commander ever in Indonesian history.

Spy Strategy Inside. Justru itu yang saya tangkap. Lewat buku itu Abdullah Mahmud Hendropriyono memaparkan milestone pengalaman kehidupan yang dia ingat. Dia jelas memiliki ingatan yang kuat. Sehingga berbagai pengalaman inside dituangkan dalam buku tersebut. Khas spy.

Dia juga sangat suka membaca buku sehingga memiliki wawasan yang sangat luas. Juga suka menulis. Kini dia tengah menuliskan sejarahnya sendiri dalam kehidupan rentang 75 tahun. He has written history. Bukan hanya menjadi bagian sejarah.

Pencapaian tinggi dalam pengabdian kepada negara, bangsa, agama, keluarga, dan diri sendiri diwujudkan dalam bentuk karya nyata. Semua dimulai dari Akademi Militer Nasional (AMN). Lalu karir gemerlap di bidang militer, dari terjun bebas militer, menembak, dan strategi dan hukum militer.

Bagi Hendropriyono memahami hukum militer menjadi pijakan kebijakan untuk mengambil keputusan strategis. Kepakaran dan kemampuan di bidang militer dan bidang ilmu lainnya ini menjadikannya sebagai ahli intelijen mumpuni. Dia menjadi Profesor Guru Besar Filsafat Intelijen Negara. Profesor Intelijen Pertama di Dunia.

Bagi Hendropriyono intelijen adalah sendi kehidupan negara. Dedikasi di dunia spionase itu kemudian diwujudkan dalam pendirian Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN) yang mencetak tenaga handal di bidang intelijen.

Pendirian STIN adalah perwujudan salah satu sifatnya yang menonjol: kemauan kerasnya belajar. Tidak mudah bagi seorang militer, dengan pencapaian gemilang, belajar ilmu-ilmu lain di luar kemiliteran. Dari mulai akuntansi, administrasi, ekonomi, teknik industri, sampai ke bidang hukum. Hukum militer. Hendropriyono memberikan contoh: belajar sampai mendirikan perguruan tinggi STIN.

Menengok ke belakang. Bahkan belajar di UT (Universitas Terbuka) yang berkonsep jarak-jauh pun dia jalani. Yang di zaman milenial menjadi proto-type belajar online. Pengalaman itu membuat Hendropriyono tidak gagap bermedia sosial dan terus berkiprah di dunia media. Bahwa jarak adalah realita kedekatan dalam pikiran.

Maka di usia 75 tahun hari ini, 7 Mei 2020, Jenderal (Purn) TNI AM Hendropriyono merayakan ulang tahun dengan meluncurkan buku berjudul SPY SI yang resminya akronim (Sebagian Pengalaman Yang Saya Ingat). Bagi saya, SPY SI adalah Spy Strategy Inside, suatu pengalaman yang diungkapkan dari dalam diri AM Hendropriyono.

Peluncuran ini melalui akun media sosialnya hari ini pukul 14.00 WIB melalu media sosial. Instagram: https://www.instagram.com@am.hendropriyono. Facebook: https://www.facebook.com/edo7547, Twitter: https://twitter.com/edo751945. Youtube: https://www.youtube.com/c/AMHENDRORPRIYONO75 dan website: https://hendrorpriyono.id

Karakter dan sifat pria Taurus kelahiran Yogyakarta ini persis menggambarkan zodiak itu. Salah satu sifat Taurus adalah semangat hidupnya yang tinggi. Pantang menyerah. Suka tantangan. Firm. Namun kadang melankolis. Tak heran dia mencintai seni. Bentuk selebrasi kehidupan.

Di usia 75 tahun peluncuran buku itu merupakan catatan panjang kenangan yang mencatat kehidupan yang dia jalani. Yang akan menjadi cermin semangat untuk berjuang bagi tegaknya negara Indonesia. Melalui darma bakti di bidang yang dia memiliki passion kuat: bidang militer dan intelijen. Selamat ulang Tahun Bapak Jenderal AM Hendropriyono!

(Red).

Related posts

Leave a Comment

Bc Meximas Web Solutions