ReportaseJakarta.com, Jakarta Utara 24/3/2021. – Sebanyak enam puluh warga Jakarta Utara mengikuti pelatihan sablon digital yang diselenggarakan di Tempat Kumpul Kreatif (TKK) Lokasi Binaan 103, Koja, Jakarta Utara, Selasa (23/3). Kegiatan ini merupakan salah satu upaya peningkatan keterampilan binaan JakPreneur dalam menekuni bidang kewirausahaan.

Kepala Suku Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (PPKUMKM) Kota Administrasi Jakarta Utara Yati Sudiharti mengatakan, pelatihan digelar dalam rangka memperkaya wawasan keterampilan. Peserta terdiri dari lima orang dari enam kecamatan di Jakarta Utara.

“Ini pelatihan keterampilan pertama kami sejak masa pandemi Covid-19 (Corona Virus Disease 2019). Programnya dari Dinas PPKUMKM DKI Jakarta yang berkolaborasi dengan PT. Rhino Indonesia Sukses, sedangkan peserta dari binaan Jakpreneur tingkat Sudin (Suku Dinas),” kata Yati saat dikonfirmasi, Selasa (23/3).

Dalam pelatihan ini, para peserta juga diberikan informasi permodalan dari Bank DKI untuk melanjutkan kewirausahaan di bidang jasa sablon digital ini. Dengan begitu, roda perekonomian masyarakat tetap berjalan meski di tengah pandemi Covid-19.

“Ini menjadi solusi bagi binaan kami untuk mendapatkan peluang usaha bagi yang benar-benar ingin terjun langsung dalam kewirausahaan. Tentunya permodalan ini harus melalui tahapan Jakpreneur yang telah ditentukan,” jelasnya.

Community dan Event PT Rhino Indonesia Sukses Taufik M. Tofan menerangkan, setiap peserta diberikan pemahaman dan pengetahuan desain dan praktek penggunaan mesin sablon digital. Setiap peserta berkesempatan menggunakan mesin sablon digital ini untuk kepentingan bisnis yang dijalaninya nanti secara gratis di Jakarta Creative Hub (JCH), Jakarta Pusat.

“Peserta juga kami berikan pemahaman menjaring pelanggan yang baik dengan tidak secara general melainkan mencari pelanggan kategori khusus. Kami juga memberikan pemahaman memaksimalkan market place (pasar digital) yang saat ini sangat digandrungi masyarakat milenial,” terangnya.

Di lokasi pelatihan ini, Binaan JakPreneur asal Kecamatan Tanjung Priok Zarco Rambi (35) mengaku sangat tertarik dengan pelatihan keterampilan sablon digital ini. Dirinya akan memanfaatkan peluang usaha ini dari beragam komunitas olah raga yang gelutinya selama ini.

“Saya sangat tertarik dengan pelatihan ini. Saya mengikuti berbagai macam komunitas olah raga yang selama ini kalau memesan jersey selalu ke luar (orang lain). Nah pelatihan ini membuka peluang usaha bagi saya,” tutupnya.

Reporter : wien

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *