Reportasejakarta.com, Jakarta Utara. Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan meninjau pelayanan kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Koja, Jakarta Utara, Selasa (29/6). Secara daring, ia menyempatkan untuk berinteraksi sekaligus memberikan apresiasi atas kerja keras dari tenaga medis yang berperan sebagai garda terdepan dalam penanganan pasien COVID-19.

 

“Saya menyapa semua, menyampaikan terima kasih dan apresiasi sekaligus mengirimkan pesan bahwa jaga stamina, soliditas, saling support, dan kami di seluruh jajaran lintas bidang akan memback up sepenuhnya apa saja kegiatan di rumah sakit. Saya juga berpesan, siapapun yang datang, perlakukan seperti saudara kita sendiri. Berikan yang terbaik sehingga semua bisa kembali ke rumah, kumpul lagi dengan keluarganya,” tutur Anies didampingi Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Widyastuti, Walikota Kota Administrasi Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim dan pejabat terkait lainnya.

 

Ia mengutarakan permasalahan yang dihadapi saat ini adalah volume pasien yang amat banyak. “Maka dari itu, optimalisasi dan dukungan tambahan, baik sumber daya dan tenaga kerja untuk keperluan medis maupun non medis, sangat diperlukan. Seperti tenaga untuk memfasilitasi pemindahan alat, tabung oksigen, dan lain sebagainya. Harapannya, dengan begitu, tenaga medis akan lebih fokus kepada proses perawatan dan penyembuhan pasien,” ungkapnya.

 

Untuk mempercepat pelayanan kesehatan di rumah sakit akibat lonjakan kasus aktif COVID-19 usai libur lebaran. Ia akan mengupayakan dukungan penambahan tenaga kerja dari dinas lain untuk menunjang aktivitas non medis. “Jadi, kita akan berikan dukungan dari dinas-dinas lain untuk ditempatkan di rumah sakit sehingga kebutuhan tenaga pendukung untuk aktivitas non medis bisa kita siapkan. Sebagai gambaran, menyiapkan makanan, membungkus obat, memindahkan tabung oksigen dalam waktu yang amat cepat dan volumenya jauh lebih banyak daripada biasanya yang tak pernah terjadi sebelumnya,” terang Gubernur.

Reportase : S. Abidin

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *